Sabtu, 13 Desember 2008

Anjungan Lampung - TMII

Anjungan Lampung merupakan wujud mini Provinsi Lampung. Oleh karenanya Anjungan Lampung adalah bagian dari sebuah Citra (Image) dari Provinsi Lampung yang berfungsi sebagai alat komunikasi visual dalam hal fisik bangunan maupun aktifitasnya yang merupakan bagian dari kegiatan promosi dan Informasi. Namun sejalan dengan perkembangan dan derasnya trend globalisasi dan diberlakukannya otonomi daerah, tak dapat dipungkiri telah terjadi pergeseran paradigma, baik itu dalam kehidupan bermasyarakat maupun dalam pengelolaan pemerintahan.

Dalam konteks ini keberadaan Anjungan Lampung memiliki peran yang sangat penting, setidaknya ada 3 9tiga) hal yaitu :

Pertama,
Peran sebagai agent Ketahanan Nasional dalam hal ketahanan Budaya yang mempertahankan jatidiri sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang memiliki budaya luhur. Peran pelestarian diwujudkan dalam kegiatannya sebagai obyek wisata budaya melalui pertunjukan seni budaya, pameran budaya, wisata keluarga, wisata pelajar dan lainnya. sekaligus sebagai sarana rekreasi edukasi budaya, dan wujud fisiknya adalah Rumah Adat (Nuwou/Lamban Balak). serta Balai Adat (Nuwou Sessat/Sessat Agung/Mahan Agung).

Kedua
, perannya sebagai agent promosi informasi pembangunan daerah, di satu sisi harus membuka diri terhadap modernisasi iptek serta investasi agar dapat membangun kerjasama dalam bidang ekonomi dengan bangsa lain disisi lain juga mempromosikan hasil pembangunan daerah dalam segala bidang. hal ini diwujudkan dalam kegiatan pameran tetap potensi industri, perdagangan dan pariwisata Pemerintah Kabupaten/Kota, yang menampilkan peluang investasi serta produk unggulannya.
Oleh karena itu secara simultan tugas tersebut dirangkum dalam bentuk pelayanan promosi dan informasi dalam kemasan Pusat Informasi Industri, Perdagangan, Investasi Pariwisata dan Kebudayaan (Lampung Trade, Industri, Investment, Tourism and Culture Informtion Center).

Ketiga, perannya sebagai media penjalin kerukunan masyarakat Lampung yang berada di Jakarta dan sekitarnya. Anjungan Lampung juga dapat dijadikan sebagai media untuk berkegiatan bagi kepentingan masyarakat Lampung baik itu untuk upacara tradisi maupun bermusyawarah sebagai fungsi Nuwou Sessat pada kehidupan masyarakat tradisional Lampung dan sebagai pengungkap rasa rindu kampung halaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar